Pada tanggal 25 Mei 2024, Maksi Binus mengadakan sesi guest lecture untuk mata kuliah Advanced Business and Scientific Writing.  Pada kesempatan tersebut Maksi mengundang Prof. Dr. Mamduh  M Hanafi, MBA, Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada, sebagai dosen tamu.

Pada kesempatan tersebut, Prof Mamduh menyampaikan kuliah dengan topik “Writing Good Academic Papers”, diantaranya disampaikan mengenai:  strategi dan taktik untuk dapat mempublikasikan karya pada jurnal accounting & finance bereputasi.

Pada kuliahnya, Prof Mamduh, menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

Paper yang baik pada dasarnya: memberikan kontribusi pemahaman baru terhadap disiplin ilmu, selain itu juga harus dieksekusi dengan baik, dalam arti ditulis dengan baik, disertai juga dengan robustness check yang cukup.

Paper yang baik memberikan kontribusi dalam beberapa hal, yaitu : memberikan pemahaman baru, teori ataupun metodologi baru.  Kontribusi tersebut dapat ditulis secara eksplisit maupun implisit. Tulisan yang baik pada dasarnya memiliki pesan yang jelas, sederhana, bermanfaat, dan menarik. Kemudian, disajikan dan disusun dengan cara yang logis. Baik reviewers, editor maupun pembaca dapat melihat kontribusi paper dengan mudah.

Strategi publikasi yang baik harus memenuhi beberapa hal sebagai berikut: memahami kebutuhan/apa yang diinginkan journals, memahami siapa pembacanya; apa yang disukai editor dan reviewers; memiliki literature review yang kuat; rationale atau latar belakang studi yang kuat; desain riset yang baik/solid; hasil yang kuat/menarik; kontribusi akademik dan praktis yang kuat; ide riset yang kreatif/menarik; metodologi yang canggih serta presentasi (tulisan) yang baik (logic, clear and consice).

sources:

Materi Prof Dr. Mamduh M. Hanafi, MBA