Pada hari Rabu, jam 18.30 – 21.00 program studi Master Akuntansi (MAKSI) Binus Graduate Program (BGP) melaksanakan kuliah tamu dengan nara sumber bapak Herdi Ranu Wibowo, ST, MSE, Chief Financial Officer, PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Property. Pak. Herdi adalah seorang praktisi yang memiliki pengalaman dibidang Investasi dan Pasar Modal selama hampir 20 tahun. Beliau membagi pengetahuan dan pengalaman dengan tema “Pasar Modal di Indonesia”. Acara ini dipandu oleh Dr. Moch. Doddy Ariefianto, SE, MSE, Subject Content Coordinator- Financial Accounting.

Sesi kuliah tamu yang menghadirkan praktisi merupakan aktivitas rutin program studi MAKSI. Aktivitas tersebut diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi lulusan MAKSI berupa update kondisi dan praktek bisnis terkini dunia industri yang kritikal dan relevan. Mahasiswa juga diharapkan memahami bagaimana teori yang diperoleh di kelas diterapkan di industri. Sangat banyak isu prinsip dan praktek akuntansi yang perlu dikaji lebih mendalam khususnya dalam rangka “mengejar” dinamika inovasi industri yang ber “lari kencang”.

Pasar modal Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam sejak tahun 2002. Per Oktober 2019 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah mencapai 6943; dengan kapitalisasi mencapai Rp. 6228 Triliun. Capaian ini adalah lebih dari 15 kali lipat dari posisi tahun 2002 dimana IHSG dan kapitalisasi pasar adalah sebesar (masing-masing) 425 dan Rp. 218 Triliun.

Variasi produk yang diperdagangkan juga sangat berkembang. Disamping produk konvensional: Saham dan Obligasi, pasar modal Indonesia juga menawarkan instrumen investasi inovatif seperti Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), Kontrak Investasi Kolektif-Efek Beragunan Aset (KIK-EBA), Dana Investasi Real Estate (DIRE) dan Dana Investasi Infrastruktur (DINFRA). Pasar modal yang developed sangat diperlukan bagi pilihan pembiayaan bisnis-korporasi yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Akuntan adalah suatu profesi pendukung yang sangat penting bagi pengembangan pasar keuangan.