Pada tanggal 18 Agustus 2023, telah dilakukan sesi Guest Lecture dengan topik: How to Publish Journal Articles for Postgraduate Students.  Dosen tamu adalah Ibu DR. MAZURINA MOHD ALI, associate professor dari Universiti Teknologi Mara, Selangor, Malaysia.

Ibu Dr Mazurina menjelaskan beberapa hal, antara lain mengenai Filosofi Penelitian, Menulis artikel berkualitas, Proses Review, Bagaimana cara memilih jurnal yang bereputasi, serta proses submisi tulisan.

Riset dilakukan untuk memberikan jawaban terhadap ketidakpastian atau proses mencari keakuratan/kebenaran/arti untuk menjelaskan sebuah aktivitas, sesuatu ataupun sebuah fenomena yang tidak, atau sedang maupun telah terjadi. Demikan seperti yang disampaikan oleh Ibu Dr Mazurina: “Research is conducted to give answers to uncertainty or search for accuracy/truth/meaning to explain an activity, thing or phenomenon that has not, is or has occurred. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan oleh peneliti,  sebelum mempublish karyanya yaitu : Ide, yang harus unik, relevan serta memiliki kebaharuan; kontribusi terhadap existing knowledge; Melakukan review terhadap literatur terkini, membangun hipotesis yang jelas, memberikan cukup waktu untuk membangun research design.

Beberapa hal yang juga harus diperhatikan mengenai penulisan paper yang berkualitas adalah hal-hal seperti: format, language(proofreader), structure, clarity, coherence, completeness, originalitas, novelty, significance, dan hal yang menyangkut plagiarism.

Hal-yang yang sebaiknya dipertimbangkan ketika memilih jurnal adalah: harus berdasarkan pada disiplin ilmu, dan hal ini bisa dilakukan pengecekan pada website jurnal; berdasarkan index jurnal, apakah terindeks scopus, WoS, ISI, ERA, dsb.  Kemudian, pertimbangan berdasarkan akses terhadap tulisan, apakah berupa open access jurna atau jurnal yang berdasarkan subscription.  Berdasarkan kecepatan review, apakah termasuk jurnal dengan proses review cepat, atau pun traditional journals.

Pada saat melakukan submission, hal yang harus dipersiapkan meliputi  cover letter yang baik, biografi, identitas peneliti (ORCID, scopus ID, Google Citations, dsb), membuat akun pada jurnal.