Bibliometrics analysis merupakan pengggunaan metode statistik untuk menganalisis baik buku, artikel maupun berbagai publikasi yang berkaitan dengan konten yang bersifat akademik.  Bagian dari Analisis Bibliometric, diantaranya adalah analisis kutipan.  Pendekatan citation analysis digunakan untuk melihat sebuah artikel yang dikutip oleh artikel lain, sedangkan pendekatan co-citation analysis untuk menemukan 2 artikel atau lebih yang dikutip oleh 1 artikel.

Untuk melakukan analisis Bibliometric dibutuhkan software sebagai alat analisis.  Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk menjalankan analisis Bibliometric diantaranya adalah NVivo.  Penggunaan software ini untuk analisis Bibliometric telah disampaikan oleh Bp. Agustinus Bandur PhD, sebagai Guest lecture pada program Maksi pada 10 November 2022.  Bp. Agustinus Bandur menyampaikan beberapa hal, diantaranya adalah dengan menggunakan analisa Bibliometric, gap penelitian dapat dicari, sehingga kontribusi (keunikan) dari paper menjadi jelas. Proses pencarian research gap dengan menggunakan analisis Bibliometrik juga dapat menghasilkan suatu paper konseptual yang baik. Topik-topik yang masih “understudied” dan penting dapat diisi.  Adanya software membuat proses pencarian research gap menjadi lebih mudah.   Pada pelatihan ini juga disampaikan mengenai bagaimana mencari topik, melakukan screening atau mengexclude beberapa paper-paper yang dianggap kurang relevan, sampai menghasilkan beberapa paper yang siap untuk di”blibliometrik analisis”kan.

Penggunaan software NVivo pada analisis Bibliometric juga dapat digunakan untuk menyusun paper berupa literature review untuk kepentingan further research.  Adanya literature review tentunya sangat menghemat waktu. Peneliti berikutnya dapat memperoleh pemahaman yang cukup dalam mengenai apa yang sudah dikerjakan oleh peneliti sebelumnya.  Sebelum analisis dilakukan, maka terlebih dahulu disusun pengelompokkan artikel yang akan dianalisis berdasarkan pada   nama peneliti, tahun, asal, jurnal, publisher, methods, publication dan quartile.  File ini kemudian, dapat disimpan dalam bentuk Excel, Mendeley maupun SPSS.  Pada pelatihan, artikel yang diinput adalah sebanyak 150 artikel.  Beberapa tipe analisis yang dapat dilakukan diantaranya adalah: analisis dimensi, di mana dilakukan pengelompokan jenis artikel yang dianalisis berdasarkan dimensi/atribut.  Dimensi yang digunakan sebagai dasar pengelompokkan dapat ditentukan sebanyak 1 dimensi saja atau bahkan bisa lebih. Hasil dari analisis dimensi ditampilkan dalam berbagai pilihan chart/grafik sehingga lebih informatif.  Selain itu, NVIVO juga menyediakan word frequency analysis yang merupakan analisis mengenai kata-kata/tema yang paling sering muncul pada paper-paper yang menjadi topik penelitian. Hasil Word analysis  dapat ditampilkan  dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk word cloud.

 

 

 

<a href=”https://www.freepik.com/free-vector/e-learning-isometric-composition_5970802.htm#query=bibliometric&position=7&from_view=search&track=ais”>Image by macrovector</a> on Freepik