Inovasi menjadi sebuah keharusan dalam berbisnis. Untuk memperoleh insight dalam melakukan inovasi bisnis, data audit analytics jadi faktor yang krusial.

Proses audit bagi sebuah perusahaan bukanlah sekadar formalitas. Pelaksanaan audit bisa menjadi sarana pelaku usaha untuk mendapatkan insight bisnis. Hanya saja, proses memperoleh insight bisnis bukan hal yang instan. Anda perlu memproses data mentah yang telah dikumpulkan dan melakukan data audit analytics. Proses analisis data audit bisa Anda lakukan secara manual atau menggunakan bantuan software, terutama kalau berkaitan dengan data dalam jumlah besar.

Pentingnya data audit analytics tersebut diakui oleh para pengusaha. Survei yang dilakukan oleh Deloitte terhadap 300 pemimpin perusahaan mengungkapkan fakta tersebut. Sebanyak 79 persen responden beranggapan kalau audit–dalam hal ini adalah audit laporan keuangan–membantu dalam mengidentifikasi peluang mengembangkan usaha. Bahkan, 46 persen responden mengatakan kalau mereka bakal kehilangan insight bisnis yang penting kalau tidak melakukan audit.

Perusahaan dapat memanfaatkan berbagai tool yang bisa membantu dalam melakukan data audit analytics. Dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan software berbasis robotic process automation (RPA) menjadi perhatian dalam membantu pelaksanaan proses audit. Software ini tidak hanya membuat proses audit bisa berlangsung singkat, tetapi juga menawarkan analisis audit yang akurat.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memperoleh Insight Bisnis dari Data Audit Analytics

Insight bisnis yang penting hanya bisa Anda peroleh ketika proses audit dilakukan dengan tepat. Lalu, bagaimana cara agar bisa mendapatkan data audit analytics yang berkualitas? Terkait hal ini, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  1. Akurasi data

Poin pertama yang perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan insight bisnis bermanfaat dari analisis audit adalah akurasi data. Data-data yang dikumpulkan harus data yang akurat dan berasal dari sumber tepercaya. Kalau data awal yang dipakai saja sudah tidak akurat, bagaimana hasil analisis yang dihasilkan bisa bermanfaat?

  1. Jangkauan data

Jangkauan data juga tidak kalah pentingnya untuk bisa memperoleh data audit analytics yang bermanfaat. Semakin banyak data tepercaya yang digunakan, semakin akurat hasil analisis yang didapatkan. Apalagi, ketika data yang dikumpulkan merupakan data dari perusahaan besar yang memiliki berbagai jenis usaha.

Lalu, seberapa besar data yang diperlukan di era modern seperti sekarang? Era revolusi 4.0 seperti saat ini merupakan zamannya big data. Startup besar seperti GoJek, Traveloka, ataupun Grab menggunakan data yang jumlahnya mencapai miliaran dan bahkan triliunan. Data-data tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber dan diolah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Perangkat analisis yang digunakan

Hal yang tak kalah pentingnya dalam data audit analytics adalah kualitas perangkat lunak yang digunakan. Seperti yang telah disebutkan, perangkat lunak berbasis RPA bisa jadi pertimbangan. Anda dapat menemukan banyak software RPA di internet. Pastikan Anda memilih perangkat lunak berbasis RPA yang benar-benar menghasilkan analisis yang konsisten dan berkualitas.

  1. Tingkat keamanan

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan dalam melakukan analisis data audit adalah tingkat keamanannya. Anda perlu memastikan bahwa data serta hasil analisis yang didapatkan tersimpan secara aman, terhindar dari aktivitas kejahatan cyber yang kini banyak terjadi.

 Setelah memperhatikan peran penting analisis data audit dalam memperoleh insight bisnis, Anda tidak bisa melewatkannya, bukan? Apalagi, pebisnis wajib untuk terus melakukan inovasi. Tanpa inovasi, perusahaan besar sekalipun bisa gulung tikar. Contohnya banyak, di antaranya adalah Nokia ataupun Yahoo. Tidak mau seperti mereka, kan?