Pada tanggal 17 Desember 2018, telah dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Program Studi Master Akuntansi (MAKSI) Universitas Bina Nusantara dengan The Chartered Institute of Management Accountants (CIMA). Penandatangan diadakan di Kampus Anggrek Universitas Bina Nusantara. Pejabat yang mewakili program studi MAKSI adalah Direktur Binus Graduate Program, yaitu Prof. Dr. Ir. Edi Abdurachman, Ms., Msc dan Ketua Program Studi MAKSI Rindang Widuri, S.Kom., MM., Ph.D. Dari pihak CIMA diwakili oleh Country Manager CIMA Indonesia, Dwi Putra Widiyanto.

MoU Signing MAKSI Binus dan CIMA

Tujuan diadakannya kerjasama ini adalah untuk memberikan nilai tambah bagi mahasiswa MAKSI Binus melalui kegiatan-kegiatan yang nantinya akan diadakan antara MAKSI Binus dengan CIMA. Seperti sudah diketahui, bahwa terjadi kompetisi yang sangat ketat bagi seorang individu untuk dapat mendapatkan pekerjaan yang baik. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan diberikan contoh nyata akan kondisi nyata di lapangan pekerjaan, terutama pada area akuntansi manajemen.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Bersama antara CIMA dan MAKSI Binus, adalah:

  1. Pelaksanaan program Master’s Gateway: kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa mempunyai nilai tambah ketika mereka lulus dari Prodi MAKSI melalui gelar profesi dibidang Akuntansi Manajemen.
  2. Guest Lecture: untuk memberikan wawasan praktis dan terkini tentang praktek-praktek akuntansi manajemen di industry serta menumbuhkan awareness kepada mahasiswa mengenai pentingnya sertifikasi profesi ini.
  3. Review kurikulum Master Akuntansi dalam proses revisi kurikulum berkala, agar kurikulum yang dirancang memiliki muatan praktis dibidang akuntansi manajemen. Sehingga nantinya akan mengurangi kesenjangan antara kebutuhan industry dan kompetensi lulusan prodi MAKSI Binus.

Terkait dengan program Master’s Gateway, mekanisme dari program ini adalah sebagai berikut:

  1. Program ini dirancang untuk mahasiswa aktif Master Akuntansi.
  2. Peserta tidak harus mengambil 11 modul ujian yang ada pada level Certificate, Operational dan Management.
  3. Peserta hanya akan mengikuti 1 modul ujian tentang “Management Level Case Study”.
  4. Jika peserta lulus pada ujian ini, maka, peserta berhak mendapatkan gelar profesi: CIMA Advanced Diploma in Management Accounting (CIMA ADV DIP MA). Gelar profesi ini berlaku secara global dan dapat diakui oleh perusahaan luar negeri, sehingga membuka kesempatan peserta untuk bekerja pada perusahaan global / diluar negeri.

Informasi lebih lanjut tentang program Master’s Gateway dapat menghubungi Sekretariat Binus Graduate Program – Prodi Master Akuntansi Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, lantai 8.